Sabtu, 19 Juni 2010

Cara apply Visa USA - Part 2

Oke, jadi setelah selesai buat appointment, now what?

Yang jelas, siapin dulu dokumen2nya buat dibawa saat interview :)

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan:
1. Paspor. (Ya iyalah...) Dokumen identitas lain seperti Akte lahir dan ktp ga akan diminta ko..

2. Confirmation page nya harus diprint dan jangan sampai lupa dibawa. Untuk application form ga harus diprint.

3.Bukti pembayaran fee visa. Tiap tipe visa beda-beda, kalau untuk turis 140 USD. bayarnya hanya di Bank Standard Chartered dan Bank Permata. Sebaiknya di cabang-cabang utama, bilang aja mau bayar fee visa USA, nanti mereka punya formnya sendiri untuk diisi. Bukti pembayaran ada dua, warna hijau dan pink. Jangan lupa bawa dua2nya :)

4. Pas foto sesuai guideline satu buah. Kalau mau jaga2 takut tercecer, boleh lah bawa cadangan..

5. Dokumen lain yang mendukung:
Kalau untuk turis visa, pada prinsipnya mereka hanya akan memberi visa ke orang-orang yang bisa memberi jaminan kalau mereka akan kembali - tidak akan extend untuk cari kerja atau belajar. Misalnya gw, karena masih koas, jadi bawa surat keterangan resmi dari kampus kalau gw mang masih ada masa pendidikan untuk diselesaiin. Atau kalau yang sudah bekerja, minta buat surat ke atasan yang isinya menerangkan kalau sedang kerja disitu dan terikat kontrak misalnya.Terus dokumen yang bisa menerangkan bagaimana dan dimana kita akan tinggal saat disana, dan menjamin kejelasan selama berada di sana. Contohnya gw dapet invitation letter dari tante dan om, disitu ada kalimat kalau mereka menjamin gw tidak akan extend dan tidak akan jadi beban untuk negara. Gitu...

6. Dokumen keterangan mengenai finansial. Ini bisa berupa rekening koran/buku tabungan milik kita atau orang yang membiayai kita pergi. Kalau yang sudah bekerja, biasanya akan ditanya mengenai gaji. Jadi jangan lupa bawa buku tabungan dan lebih bagus struk gaji perbulan.

Kalau semua sudah komplit, jangan lupa datang pada hari appointment sesuai jadwal, jangan telat dan jangan bawa kendaraan pribadi kecuali kalau dianter. Karena tidak akan ada tempat parkir!

Tips untuk hari interview:

1. Sediakan waktu minimal 4-5 jam dari jadwal appointment. Karena akan habis waktu di ngantri, ngantri dan ngantriii. Ada ngantri untuk loket administrasi, ngantri lagi untuk masuk security check dan ngantri untuk masuk interview room. Jadi kalau appointment nya jam 8, jangan bikin janji lain jam 11 ya :D

2. Ga usa bawa elektronik lain selain handphone, nanti setelah lewat security check sebelum interview room, semua elektronik dari charger hp sampe mp3 player pun harus dititip.

3. Di antara security check dan interview room, disediakan air putih gratis, jadi jangan khawatir kalau kehausan. di dalem ruang interview nya juga ada. Lebih baik bawa novel atau majalah, karena akan ada banyak waktu bengooong. Oh ya, jangan bawa makanan!

4. Semua dokumen jangan sampai ada yang ketinggalan atau tercecer di jalan yaaah :) Untuk tiket pesawat, ada baiknya ga usa dibook dulu, mending nanti aja kalau sudah dapat visa. Ga ditanya ko soal tiket...

5. Untuk petugas interview nya, orang asing semua. Mereka bisa bahasa indonesia sih, tapi akan lebih enak kalau pakai bahasa inggris aja sekalian. Tiap applicant pasti beda yang ditanyanya, kalau untuk visa B1 biasanya:
a. Mau ngapain disana?
b. Mau kemana dan tinggal dimana dan berapa lama?
c. Siapa yang biayain semua biaya perjalanan?
d. Siapa yang menanggung cost living selama disana?
e. Sedang bekerja atau tidak? Apa pekerjaan dan berapa gaji perbulan.
(Waktu yang sebelum gw, ada mbak2 yang ga kerja, trus ditanya "kenapa tidak bekerja?" weew...)
f. Kalau misalkan kita menginap di rumah saudara, harus jelas nama, alamat, pekerjaan dan hubungan kita dengan mereka.
g. dan lain-lain semau interviewernya. Oh ya, kalau kita pernah ke luar negeri apalagi ke Eropa dan Aussie, biasanya akan jadi nilai tambah.

Intinya yang mereka mau dari interview:
1. harus bisa menjelaskan rencana perjalanan kita di sana
2. menjelaskan mengenai kepastian finansial
3. harus harus menjamin kalau kita akan kembali ke sini!

Kalau memang diterima, langsung diberitahu saat itu juga oleh interviewer dan kita akan diberi tiket pengambilan paspor sesuai tanggal yang tertera di situ dan jam pengambilannya antara jam setengah 3 sampe setengah 4 sore. Kalau ditolak, ya akan dikasih tau juga dan diperbolehkan kalau mau mencoba lagi lain waktu...

Visa USA memang ribet (dan lebih mahal), tapi sangat worth it, karena berlakunya 5 tahun dan multiple entries! Gw dulu pas nge-apply visa UK cuma berlaku 6 bulan dan single entry, negara-negara lain pun biasanya juga hanya dalam hitungan bulan masa berlakunya.

Jadi persiapkan lah segala sesuatunya dengan baik, kalau ditolak kan sayang 140 USD nya hangus dan ga bisa kembali...

Buat yang mau coba apply, semoga berhasil! :)

1 komentar:

NATALIA mengatakan...

hello,,boleh nanya?klo saat interview,pasport kita diberikan yg asli atau fotocopy aza ya?trus klo yg udah bayar fee nya di Permata apakah di sana mesti bayar lagi?brp?