Sabtu, 19 Juni 2010

Cara apply Visa USA - Part 1

Kali ini gw mau nulis info mengenai cara nge-apply visa USA. Kemarin gw baru nge-apply dan diterima :) Gw terpikir buat nulis mengingat untuk dapet visa ini agak2 sulit (angka reject nya cukup tinggi) dan sistem daftarnya sudah berubah sejak bulan Mei 2010. Oh ya, yang di part pertama ini bagaimana melengkapi pendaftaran lewat online.

Jadi langkah-langkah untuk pendaftaran online (untuk Non Visa Immigrant) :

1. First of all, buka dulu http://jakarta.usembassy.gov/consular/consular.html. Kalau belum tau kode tipe visa yg akan diambil, buka http://jakarta.usembassy.gov/consular/c_niv_types.html. Kalau untuk turis ambilnya visa B1. sedangkan buat study, ambilnya F dan M.

2. Kemudian isi application form nya dengan online form DS-160. Linknya ada di page yg tadi pertama dibuka --> Online Nonimmigrant Visa Electronic Application (DS-160).

3. Pilih lokasinya di Jakarta, dan tunggu sampai ada tanda "Start new application" keluar. Akan ada tanda untuk mengupload pas foto yang kita punya, sesuai standar atau tidak. Kalau sudah ada, silahkan diupload, kalau belum, boleh proceed dulu ke ngisi formnya.

4. Sekilas tentang pas foto, sekarang juga harus ada versi yang diuploadnya dan ada guide tersendiri. Ini guide mengenai ukuran dan lain2: http://travel.state.gov/visa/guide/guide_3877.html.
Ukurannya 2 x 2 inchi dan ada proporsi untuk kepala dan mata, misalnya ukuran kepala harus setinggi 1-1,375 inchi. Memang ribet :(
*jangan khawatir untuk yang pakai jilbab, gw tetep pakai dan ga dipermasalahkan*

5. Kalau ga bisa melengkapi aplikasi dalam satu waktu, ada pilihan untuk save application. Nanti pas mau melengkapi lagi, kembali di poin yang nomer 3, pilih "upload previous application".

6. Selesai melengkapi, bagusnya uda ada koneksi langsung ke printer. Jadi application form kita bisa diprint saat itu juga. Soalnya kalau ga, nanti ga ada pilihan buat kembali ke application form yang sudah jadi, kecuali kalau kita sempat ngesave di halaman terakhir.

7. Begitu selesai, kita akan dapet confirmation page berisi barcode nomer daftar. Kalau misalkan lagi ga ada printer saat itu, ada pilihan untuk ngeklik kirim ke email lembar konfirmasi nya dalam bentuk PDF.

8. Kembali ke link di poin nomer 1. terus cari kalimat "Once your DS-160 is complete, make your appointment by clicking here." untuk ke page online appointment system.

9. Begitu buka link di poin nomer 8, copy paste nomor barcode yang ada di lembar konfirmasi dan press submit. Nanti akan keluar kalender perbulan dan ada kode biru per tanggal yang bisa diklik. Itu artinya masih available. Biasanya dalam satu hari ada jam 07.00, 07.30 dan 08.00. Itu adalah jam untuk datang di depan gerbang embassy, bukan jam interviewnya! silahkan dipilih bisa nya tanggal berapa. oh ya, hanya bisa pada hari kerja dan bukan tanggal merah.

10. Selesai buat appointment, klik lembar mengenai appointment yang sudah dibuat.

Beres deh :)

Tips-tips untuk melengkapi daftar online:
1. Ada expired time dalam melengkapi setiap page di application form,yaitu 20 menit. Lebih dari itu, kalau belum disave, akan hilang dan mulai lagi dari awal. Jadi kalau mau aman, selalu save tiap selesai mengisi satu page.

2. Untuk pas foto, print/tulis aja guideline yang ada di poin no.4, bawa ke studio foto yang reliable. Biasanya ada beberapa studio yang sudah tau kalau untuk foto visa US bagaimana, tapi kalau mau lebih pasti, kasih aja guideline ke petugasnya dan minta dibuat sesuai itu.

3.Gw ada kesulitan pas lagi mau klik appointment, tanggal di tiap bulan ga ada yg bisa diklik! Akhirnya gw sampai kirim email ke embassy 2 kali dan terus ga bisa selama berminggu-minggu. Tapi pada akhirnya bisa juga ko. Kalau menemui kesulitan yang sama, jangan pernah menyerah untuk mencoba... pasti pada akhirnya bisa.. Hehe..

4.Waktu jadinya visa tidak tentu, bisa beberapa hari atau seminggu, jadi untuk daftar dan buat appointment nya setidaknya 2 minggu sebelum keberangkatan lah..


Terus habis daftar online bagaimana? Baca part 2 yah :)

1 komentar:

iin mengatakan...

thanks for the info. nysel abis, baru selesai apply few mins ago, ku pikir appoinmentnya ga akan ngantri lama banget... ternyata...sebulan dari sekarang! dan itu jaraknya cuma 9 hari dari jadwal berangkatnya. duh, seddddiiihhh bgt. bakal nyampe ga ya? mana tiket jadi mahal kalo dah deket. mungkin emang ga boleh kesana dulu, kok semua terasa ga lancar.. 'even the universe say no'. sabar..sabar..sabar...hmmmmm