Jumat, 24 Oktober 2008

Belum sampai seminggu sejak pembekalan....

Rasanya gw ga doa apa-apa waktu mau dibagi kelompok KKN,
Tapi alhamdulillah nasib gw lumayan beruntung,
(biasanya gw sering ga hoki kalo begini2),
karena:

1. Dapat desa nya dekeett....
Yah,walaupun ke desanya harus naik ojek dulu seharga 7 rb dari jalan raya sumedang, tapi termasuk deket lah. gw aja pernah lari pagi ke sana. soalnya beberapa teman2 ada yang dapet di dayeuh kolot, lembang, cimahi, padalarang,,, aiiih.... jauh sekali dari jatinangor.
Gw ga habis pikir sama universitas, tega banged yah, masa buat mata kuliah senilai 3 sks aja, anak2 yang di jatinangor bisa-bisanya disuruh bolak balik 30km lebih. mending punya mobil, nah ini naik angkot! kemarin echa waktu ke desanya yang deket padalarang, habis 35 rb. OMG.

2. Anak efka di kelompok ada 6 orang (termasuk gw)
Sejauh yang gw tahu kayanya kelompok gw yang paling banyak anak efkanya. Gw bareng ulfa, apink, bayu, cecep dan wani. Bukannya ga mau gaul sama fakultas lain, tapi kan kalo nanti mau buat program2 yang berhubungan dengan kesehatan jadi lebih gampang. Lagian kalo mau pergi ke desa,dgn jadwal yang sama jadinya bisa shift bareng.
Teringat banyak temen2 lain, yang udah dapet desanya jauuuh, di kelompok sendirian lagi anak efkanya. Aduuh...

3.Temen2 kelompok yang lainnya....
Okey, gw baru sebentar bgd sih KKN nya, tapi lumayan bisa keliatan anak2 yang lain seperti apa. Untungnya ga ada yang bossy, senga', diktator, banyak omong, jutek, dll. Kemarin waktu uda dua kali ke desa, gw uda berasa nyaman sama mereka. Mudah2an pandangan gw ke mereka ga berubah sampe nanti.amiin.

Oh ya, kalo ada yang mau tahu KKN itu apa, silahkan liat trivia di bawah:
1. KKN itu singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bla bla bla seterusnya ada di buku pembekalan, baca sendirilah definisinya.
2.Masuk mata kuliah wajib universitas senilai 3 sks yang bisa diambil kalau jumlah sks uda lebih dari 105 sks (kalo ga salah). Jadi yang ikut biasanya mulai dari semester6 akhir... Oh ya, 3 sks menurut gw ga gede (coba bandingkan dengan mata kuliah efka yang satunya bisa bernilai 8-10 sks), tapi kalo uda dijadiin jam.... jadinya harus luangin 15 jam/minggu. Nah itu baru deh kerasa lama....
3.Sudah ada sejak jaman doeloe. Ga tau sejak tahun berapa. Mulai dari satu desa buat satu mahasiswa, sampe sekarang satu desa untuk 20 mahasiswa.
4.Ada tiga gelombang tiap tahunnya. Gelombang satu dan tiga durasinya 3 bulan, dibarengi dengan jadwal mahasiswa kuliah. (kalo anak efka semuanya wajib ambil yang gelombang ke3). Jadi pasti bolak-balik antara desa dan jatinangor. yang gelombang dua,durasinya 2 bulan pas semester pendek. Nah, kalo yang ini bener2 ngetem dua bulan di desa.widiiih.gw mah males deh.kelamaan bow. exchange IFMSA aja cuma sebulan.
5.Point of information, di universitas lain mah KKN uda jarang kayanya. di UI dan ITB aja uda dibumilenyapkan. Karena gw belum ngejalanin sampe abis,jadi gw ga mau komen apa2. Tapi gw cukup heran, kenapa juga ya KKN ini masih ada aja di unpad........... komentar anak2 mah variatif sih, ada yang bilang berguna tapi yang mencaci maki hina juga banyak.


Belum seminggu dari start KKN, tapi gw uda 3 kali ke desa:
1.Yang pertama di antara jeda tutorial dan lab act, cuma ketemu DPL (dosen pembimbing buat kelompok) dan beberapa aparat desa. Oh ya, satu hal enak lain, kelompok gw dikasih posko di desa,rumah kosong yang cukup bagus, luas, bergarasi, ada kasur,kulkas,rice cooker kamar mandi bersih. Mantab lah.
2. Ikutan rapat ibu2 PKK
Hihihi, seru juga. begitu dateng gw disuruh sungkem sama sekitar 30 ibu-ibu. terus di antara sela2 pembukaan rapat, pake nyanyi mars ibu PKK lagi. gw susah payah ga ketawa. tapi overall lumayan lah... selama ini gw tau yang namanya PKK cuma dari buku pelajaran sosial pas di SD/SMP. ternyata beneran jalan loh kalo di desa (ih,gw udik bgd yak).
ini foto balai desanya (tampak luar), tempat penerimaan hari pertama dan rapat ibu pkk:

(cecep ngeliatin apa sih?)

habis selesai ikutan rapat (yang 50% gw ga ngerti isinya,karena dalam basa sunda), ngobrol2 sama ibu bidan desa. wuih, selama ngobrol itu semua slide public health punya dr.Guswan yang berjudul "Maternal and child health" lewat depan mata. Oke juga bisa terjun langsung ke masyarakat, jadi bener2 bisa ngeliat ilmu Public Health in real life (yang selama ini gw pelajarin hanya di atas kertas)

3. Nah, ini pas gw lagi ga ada kuliah,hari kamis.
sebenarnya sekarang masih dalam tahap observasi, jadi mang belum ada program apa-apa. habis kumpul2 ga jelas dalam posko, kita (semua anak efka yang di kelompok ditambah achie, asna, akbar, hmm....satu lagi gw lupa namanya) jalan ke SD desa.

kalo nanya ke ibu2 desa mah katanya "deket", tapi ternyata jalannya mendaki gunung melewati lembah (lebay).pegel.tapi gw seneng, soalnya pemandangan desanya bagus dan seger....
ini salah satu foto yang diambil pas lagi jalan:

(pake kamera hp sih,jadi biasa aj keliatannya.aslinya keren lhooo)

Apalagi pas mau motong lewat sawah-sawah dan kebun jagung.sayang gw ga foto di situ.hihihi...seneng.... walaupun di deket kolam ikan gw uda dag dig dug takut kepleset dan nyemplung.





Yah bgitulah... semoga tiga bulan ke depan ini gw bisa bagi waktu antara kuliah, KKN dan skripsi. Dan juga di akhir nanti mudah-mudahan gw dapet pelajaran banyak dari program ini dan kelompok gw bisa memberikan manfaat ke penduduk desa... biar semua capek kita ga sia-sia..amiin... ^^

Tidak ada komentar: